BLOG

imageTera Damai, Tips Memulai Investasi Rumah yang Menguntungkan

Tera Damai, Tips Memulai Investasi Rumah yang Menguntungkan

Tera-damai.com, BekasiRumah tidak hanya jadi tempat tinggal keluarga semata, namun juga asset investasi untuk keamanan finansial masa depan. Oleh karena itu, ketika Anda bermaksud membeli sebuah rumah ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal dengan tujuan mendapatkan rumah terbaik.

Hal ini tentu berkaitan dengan aspek investasi rumah tersebut. Dengan memilih rumah yang tepat maka Anda akan mendapatkan tempat tinggal yang nyaman sekaligus menguntungkan karena nilainya akan terus naik seiring berjalannya waktu.

Salah satu rumah yang tepat untuk dijadikan tempat tinggal sekaligus investasi adalah Tera Damai. Tera Damai dikembangkan oleh Damai Putra Group sebagai kawasan mandiri seluas 100 Hektar. Dengan visi 'Living in Harmony with Nature' dengan pendekatan Water Sensitive Urban Design (WSUD), visi tersebut disusun dengan menjawab kebutuhan warga sekitar akan sebuah hunian yang hijau, ramah lingkungan dan bebas dari banjir.

Untuk itu sebelum Anda memilih rumah yang tepat, terdapat beberapa tips investasi rumah yang menguntungkan yang dapat Anda terapkan. Simak selengkapnya di sini.

Pastikan Kondisi Finansial Anda Baik

Membeli rumah bagi sebagian besar orang tentu merupakan keputusan finansial yang besar. Bahkan, sebagaian orang masih cukup kesulitan untuk membeli rumah. Hal ini membuat perbankan memberikan fasilitas kredit perumahan untuk membantu konsumen perumahan mendapatkan rumah idamannya.

Namun, beban kredit yang cukup besar dalam jangka waktu yang lama tentu akan memberikan dampak pada kondisi keuangan. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu kondisi finansial Anda siap untuk membeli rumah. Salah satu cara mengetahui kondisi keuangan Anda siap adalah dengan menghitung besaran pemasukan dibandingkan besaran kredit. Setidaknya, kredit tidak boleh melampui 30% dari penghasilan bulanan Anda.

Perhatikan Kenaikan Bunga Jika Anda Mengambil KPR

Jika Anda memutuskan untuk membeli rumah dengan cara Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tentu Anda harus memperhatikan kisaran bunga yang dibebankan. Terdapat dua jenis bunga KPR yang biasanya dibebankan kepada nasabah, floating rate yaitu bunga mengambang yang mengikuti suku bunga Bank Indonesia dan fix rate yaitu bunga tetap yang disepakati pada awal akad KPR.

Di beberapa awal tahun saat KPR (Kredit Pemilikan Rumah) mungkin akan terlihat ringan, namun kadang beberapa orang tidak menyadari bahwa lama kelamaan terdapat kenaikan suku bunga yang akhirnya menjadi beban bagi mereka yang cicil KPR. karenanya, hal ini harus diperhatikan sejak awal pembelian. Kamu dapat meminimalisir total angsuran KPR agar tidak menggerus pengeluaran bulanan.

Beli Rumah di Lokasi Prospektif

Lokasi merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan investasi Anda. Lokasi strategis akan meningkatkan nilai rumah Anda secara signifikan di masa depan. Namun, jika rumah di lokasi strategis seperti di pusat kota sudah terlanjur memiliki harga yang sangat tinggi, maka Anda dapat memilih properti di lokasi prospektif.

Lokasi prospektif adalah lokasi yang memiliki potensi besar menjadi lokasi bisnis, ekonomi, dan komersil di masa depan. Lokasi ini banyak ditemukan di kawasan kota penyangga Jakarta seperti Bekasi. Tera Damai merupakan salah satu properti yang berlokasi di kawasan prospektif Kota Mandiri Kota Harapan Indah. Kawasan ini terus berkembang dan menjadi pusat ekonomi baru di Jabodetabek.

Hindari Membeli Properti di Kawasan Rawan Bencana

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan pembeli properti adalah memilih lokasi yang strategis tanpa memeriksa keamanan dari bencana seperti banjir. Bencana tahunan tersebut dapat dengan sangat signifikan menurunkan nilai asset properti Anda. Oleh karena itu, memeriksa keamanan lingkungan dari potensi bencana jadi sangat penting sebelum investasi dilakukan.

Tera Damai menggunakan pendekatan Water Sensitive Urban Design (WSUD) yaitu pengembangan Kota Mandiri yang memperhatikan sistem pengelolaan air perkotaan. Dengan pendekatan tersebut, Tera Damai mampu menghadirkan lingkungan perumahan yang hijau dan asri sekaligus bebas banjir.

Perhitungkan Biaya Operasional

Rumah merupakan aset fisik yang membutuhkan perawatan. Apalagi jika rumah tersebut Anda sewakan kepada pihak lain, potensi kerusakan akan semakin besar. Oleh karena itu, Anda perlu memperhitungkan biaya operasional seperti biaya perawatan rumah. Hal ini tentu menjadi penting agar investasi tetap menghasilkan keuntungan.

Umumnya perhitungan operasional untuk rumah baru berada di angka 35% hingga 80% dari pendapatan kotor harga sewa. Jika Anda mematok tarif sebesar 1,5 juta untuk biaya sewa bulanan dan biaya operasionalnya 600.000 ribu, maka keuntungannya adalah 40%. Perhitungan mudahnya adalah dengan menggunakan aturan 50%. Sehingga biaya sewanya adalah 2 juta dengan biaya operasional hingga 1 juta per bulan. (ADR)

imgWAchatYuk wa